Free Html Modules - Alpha Universe

a9

Sony telah meluncurkan a9, kamera mirrorless baru berkinerja tinggi. Sebagai model teratas kamera mirrorless Sony, a9 mendukung mode pengambilan gambar kontinu kecepatan tinggi 20 fps bebas blackout dengan menggunakan sensor gambar full frame memori tumpuk 35mm baru dengan resolusi 24,2 mega piksel sehingga meningkatkan kecepatan rana tirai depan elektronik kamera secara signifikan.

Kamera ini juga meningkat performanya yang melebihi batasan pada kamera SLR dengan menyediakan fokus 4D berdasarkan 693 titik AF deteksi fase, SteadyShot 5-axis, LCD sentuh, dan perekaman video 4K.

Fitur

Sensor CMOS 35mm full frame DRAM tumpuk 24,2 mega piksel bercahaya belakang dan prosesor BIONZ XTM

Sony a9 dilengkapi dengan sensor gambar Exmor RS CMOS 35mm 24,2 mega piksel dan prosesor BIONZ X/chipset Front-End LSI. Sensor gambar Exmor RS CMOS secara khusus memungkinkan untuk memproses lebih banyak data dibandingkan sensor gambar versi lama dengan memisahkan lapisan piksel dan lapisan sirkuit serta menggunakan memori internal ke lapisan sirkuit. Dan dengan prosesor BIONZ X dan chipset Front-End LSI, kamera ini memperlihatkan performa luar biasa dalam memproses data umum seperti kecepatan pengoperasian dan pemrosesan, kecepatan pemrosesan buffer, dan penulisan memori.

Pemotretan bebas blackout

Tidak dapat dipungkiri, kamera SLR bisa mengalami blackout saat memotret karena mode operasi rana dan cermin. Tanpa blackout, jendela bidik elektronik a9 memungkinkan pengguna mengambil gambar saat menandai subjek dengan jendela bidik bahkan pada saat mengikuti subjek yang bergerak cepat, dan menunjukkan gambar halus bahkan dalam mode pengambilan gambar kontinu saat diputar ulang dalam 60 fps.

AF deteksi fase bidang fokus 693 titik & pengambilan gambar kontinu ultra cepat 20 fps

Sony a9 memiliki sistem AF yang menjalankan operasi hybrid 693 titik AF deteksi fase dan 25 titik AF deteksi kontras. Sony a9 memiliki sistem AF yang menjalankan operasi hybrid 693 titik AF deteksi fase dan 25 titik AF deteksi kontras. Dilengkapi dengan titik AF yang mencakup 93% area gambar, kamera ini memiliki kemampuan luar biasa untuk mendeteksi margin, dan saat AF/AE melacak subjek berkecepatan tinggi 60 kali dalam satu detik, kamera membuat prediksi yang akurat bahkan saat mengambil gambar subjek bergerak. Terlebih lagi, saat rana elektronik melakukan pengambilan gambar kontinu kecepatan tinggi hingga 20 fps, kamera tidak akan melewatkan momen yang menentukan.

SteadyShot™ INSIDE 5-axis

Dilengkapi dengan SteadyShot™ 5-axis yang melakukan koreksi 5 langkah, a9 menyediakan koreksi pada kelima sumbu anggukan / gelengan / gulingan / Y untuk gerakan naik-turun / X untuk gerakan kanan-kiri. Oleh karena itu, hasil foto maupun video dapat stabil terlepas dari lensa yang digunakan.

Perekaman Film kualitas ultra tinggi Super 35mm 4K tersedia

a9 mendukung Perekaman Film 4K dengan kodek XAVC-S, dan dapat menghasilkan video dengan gambar berkualitas sangat bagus, juga Perekaman Film 24p dapat menghasilkan pembacaan piksel penuh video 4K Super 35mm yang tidak menggunakan Penggabungan Piksel.

Desain

Performa

Pegangan untuk Tangan

Dengan tampilan ringkas untuk sebuah kamera mirroless unggulan berperforma tinggi, a9 menunjukkan portabilitas luar biasa bahkan Anda dapat mengambil gambar hanya dengan satu tangan. Sementara sebagian besar antarmuka berada di sisi kanan kamera, di bagian kanan atas terdapat Roda Dial Mode untuk menentukan mode drive dan mode AF, sehingga kamera harus dipegang dengan kedua tangan. Tonjolan memperkuat cengkeraman, dan penggunaan bahan karet mempererat genggaman. Layar sentuh memungkinkan pengguna untuk menentukan fokus dengan menyentuh layar.

Bobot

Bobot bersih kamera ini adalah 590g (termasuk Penutup Dudukan Aksesori). Berat kamera yang mencakup 2 buah memori dan baterai adalah 680g. Bobot yang ringan untuk sebuah kamera kelas atas yang dilengkapi dengan pengambilan gambar kontinu kecepatan tinggi 20 fps dan AF hebat.

Struktur Internal/Eksternal

a9 terbuat dari aloi magnesium ringan dan kokoh untuk rangka dalam, penutup atas, depan, dan belakang serta pegangan, dan desain terpadu untuk pegangan dan penutup depan yang menghasilkan ketahanan kuat. Tonjolan logam memastikan stabilitas bahkan saat lensa besar dan berat terpasang. Desainnya menahan debu dan kelembapan dengan menutup tombol, tombol putar, dan bagian-bagian utama di dalam, melindungi kamera dari debu dan kelembapan.

* Ketahanan terhadap debu dan kelembapan tidak hanya berlaku pada kamera, namun juga pada aksesori seperti tempat baterai dan flash.

Jendela bidik

a9 dilengkapi dengan Quad-VGA OLED Tru-Finder 1,3cm(0.5") (jendela bidik elektronik) dengan resolusi sekitar 3,69 mega piksel. Lapisan ZEISS T* meminimalkan sebaran pantulan dan frame jendela bidik berkisar antara 60 fps hingga 120 fps, sehingga menghasilkan layar yang lebih nyaman bagi pengguna. Jendela bidik memiliki perbesaran sekitar 0,78X dan cakupan gambar 100%. Sensor mata dan roda dial penyesuaian diopter untuk jendela bidik secara otomatis mengubah gambar di antara jendela bidik dan layar LCD dan memungkinkan pengguna menyesuaikan jendela bidik dengan mata pengguna.

Pengaturan tombol kustom memungkinkan pengguna mengatur peralihan gambar finder/monitor. Jika angka frame jendela bidik diatur menjadi 120 fps, kualitas gambar diturunkan dari 60 fps.

Layar LCD

Layar menggunakan LCD miring 3,0” beresolusi sekitar 1,44 mega piksel, dan LCD belakang miring sekitar 107 derajat ke atas dan sekitar 41 derajat ke bawah, memastikan kenyamanan saat memotret pada sudut tinggi/rendah. LCD panel sentuh memungkinkan pengguna untuk mengatur dan memindahkan titik fokus dengan sentuhan.

* a9 adalah kamera mirrorless full-frame pertama Sony yang menggunakan panel sentuh.

Layar tampilan informasi

a9 menampilkan data melalui LCD belakang dan jendela bidik. Untuk tampilan data, pengguna dapat menggunakan tombol DISP untuk memilih 6 kategori tampilan (Tampilan Grafis, Tampilkan Semua Info, Tidak ada tampilan Info., Histogram, Level, Untuk Jendela Bidik). Saat “Untuk Jendela Bidik” dipilih di antara mode lainnya, Anda dapat menggunakan tombol Fn untuk menangani menu di layar dengan cepat. Pada a9, menu diubah secara total, sehingga menampilkan komposisi dan susunan menu yang sangat berbeda dari kamera mirrorless versi sebelumnya.

Penyimpanan

a9 adalah kamera mirroless Sony pertama yang mendukung selot memori ganda. Selot 1 untuk memori SD, SDHC, dan SDXC, dan kompatibel dengan UHS-II, sangat berguna untuk pengambilan gambar kontinu cepat. Selot 2 untuk tipe hybrid yang menampung Memory Stick dan kartu SD, dan Anda harus memilih salah satu di antara keduanya untuk dimasukkan ke dalam selot. Selama Memory Stick digunakan, Duo, HG Duo, dan SD dapat digunakan bersama SDHC dan SDXC, semuanya kompatibel dengan UHS-I.

Daya

Kamera ini menggunakan NP-FZ100, baterai Litium-ion keluaran terbaru. Mengenai daya baterai, perusahaan mengatakan bahwa kamera ini bisa memotret sekitar 480 gambar (dalam mode jendela bidik) dan sekitar 650 gambar (dalam mode jendela bidik) saat pemotretan mengikuti standar CIPA, namun bervariasi jika digunakan untuk pengambilan gambar film atau jika kamera didiamkan dalam keadaan menyala. Kamera ini menggunakan NP-FZ100, baterai Litium-ion keluaran terbaru. Mengenai daya baterai, perusahaan mengatakan bahwa kamera ini bisa memotret sekitar 480 gambar (dalam mode jendela bidik) dan sekitar 650 gambar (dalam mode jendela bidik) saat pemotretan mengikuti standar CIPA, namun bervariasi jika digunakan untuk pengambilan gambar film atau jika kamera didiamkan dalam keadaan menyala. Kamera mirrorless yang menggunakan tampilan langsung, pastinya menggunakan lebih banyak daya daripada kamera DSLR. Mengenai NP-FW50 yang digunakan untuk kamera versi lama, banyak pengguna menyayangkan kapasitasnya yang memungkinkan pengambilan gambar lebih sedikit dari kamera DSLR. Dengan baterai baru ini, saya tidak khawatir lagi terkait daya baterai.

Pengisian USB dapat dilakukan saat kamera dimatikan, dan bahkan pada saat tempat baterai sedang digunakan. Pasokan daya USB juga memungkinkan pengisian daya setiap saat melalui USB dilakukan saat pengambilan gambar berlangsung. Namun, pengisian USB dan pengambilan gambar tak bisa dilakukan bersamaan. Untuk pengguna yang melakukan pengambilan gambar time lapse atau film, NPA-MQZ1K, set adapter multi-baterai yang dapat menampung hingga empat baterai kini tersedia, sehingga meningkatkan penggunaan baterai.

Set adapter multi-baterai NPA-MQZ1K berfungsi sebagai baterai palsu, bertindak sebagai baterai sungguhan saat konektor berbentuk baterai dipasang ke kamera. Karena baterai palsu dapat berfungsi dengan NP-FW50 saat penutupnya dilepas, baterai palsu dapat digunakan dengan kamera mirrorless versi lama.

Dudukan aksesori

Dilengkapi dengan Dudukan Multi Antarmuka, kamera ini tidak hanya menggunakan flash Sony, namun juga perangkat pencahayaan konsumen dengan sinkronisasi flash kamera. Dan flash yang menggunakan Dudukan Aksesori Kunci Otomatis Minolta dapat digunakan melalui ADP-MAA, adaptor dudukan yang dijual terpisah. Kecepatan sinkronisasi maksimal adalah 1/250 detik dan mendukung sinkronisasi katup belakang, sinkronisasi rendah, dan sinkronisasi nirkabel.

Dudukan / Rana

Kamera ini menggunakan E mount kompatibel full frame, yaitu dudukan dari logam yang dapat menopang lensa berat dan besar dengan kuat. Kamera ini mengadopsi rana mekanis getaran rendah, dan ketahanan luar biasa yang tidak diragukan lagi karena sudah diuji pada sekitar 500.000 penekanan. Selain itu, kamera mengadopsi rana tirai depan elektronik, serta getaran rana yang rendah membuat pengambilan gambar menjadi nyaman. Dilengkapi dengan mode pemotretan hening, pengguna dapat menggunakan kamera ini dengan nyaman di situasi yang mengharuskan bebas noise seperti acara olahraga, pertunjukan indoor, dan dokumentasi tentang hewan liar.

Stabilisasi gambar 5-axis terintegrasi dengan bodi

a9's 5-axis SteadyShot support the correction on the five axes of pitch / yaw / roll / Y / X. It provides up to 5-stop correction. SteadyShot works not only for FE lenses but also alpha mount and other lenses, providing more stable shooting condition under any circumstances.

Built-in microphone and speaker

Mikrofon stereo bawaan ada di kedua sisi pada dudukan lensa bagian atas, sedangkan speaker mono ada di sebelah kiri pada bagian bawah kamera. Dengan mengaktifkan Level Audio, level audio untuk film yang sedang direkam akan dapat diperiksa di tampilan.

Antarmuka eksternal

Sisi tangan kiri pada pegangan terdapat jack untuk mikrofon 3.5mm, headphone 3.5mm, micro HDMI, dan micro 5-pin USB. Saat pengisian daya, HDMI dan USB menampilkan status dengan LED. Semua antarmuka digunakan untuk aspek yang sering digunakan, sehingga pasti nyaman saat mengisi daya dengan USB dan mengoperasikan mikrofon dan headphone. Khususnya, dengan adanya jack terminal LAN, kamera dapat mengirim gambar foto ke server FTP dengan cepat, yang menguntungkan bagi jurnalis foto dan profesi lainnya. Untuk memfasilitasi penggunaan cahaya, jack terminal Syn juga disediakan.

Antarmuka Kontrol

a9 memiliki roda dial mode drive, roda dial mode, roda dial kontrol depan & belakang, roda kontrol, roda dial kompensasi pencahayaan, dan banyak tombol lainnya. Pastinya, mode drive dan mode fokus, yang disediakan sebagai menu internal dengan model lama, kini tersedia sebagai roda dial 2-level di kiri atas, untuk memaksimalkan operasi yang intuitif. Roda dial kontrol depan & belakang dan roda kontrol digunakan untuk menyesuaikan apertur, kecepatan rana, dan lain-lain, tergantung pada modenya, sedangkan berbagai tombol berfungsi sesuai yang diinginkan melalui Custom Key dan Function Menu Set.

Seri a7 lama memiliki tuas sakelar AF/MF & AEL di pegangan belakang tempat jempol pengguna menempel saat memegang kamera. Tuas sakelar kini tidak ada di a9 karena sudah mengadopsi multi-selektor perubahan fokus, sehingga operasi saat memindah fokus menjadi lebih mudah. Di atas multi-selektor terdapat tombol ON AF dan AEL, sedangkan roda kontrol kini sedikit menonjol, menandakan operasi yang lebih baik.

Function Menu Set dan Custom Key berfungsi untuk mengatur fungsi sesuai keinginan pengguna. Menunya memisahkan Custom Key sehingga key akan mempunyai fungsi berbeda saat pemotretan dan pemutaran, dengan demikian meningkatkan kegunaan tombol.

Tersedia total empat tombol untuk keperluan kustom, sedangkan tombol roda kontrol dapat diubah sesuai keinginan. Function Menu yang ditujukan ke tombol Fn membentuk inti antarmuka a9 bersama dengan Custom Key, karena dapat membuat 12 fungsi sesuai keinginan pengguna dan dapat mengendalikannya secara cepat dengan roda dial kontrol dan roda kontrol.

Menu

Menu dibagi menjadi enam item yaitu Pengaturan Kamera 1, Pengaturan Kamera 2, Jaringan, Aplikasi, Pemutaran, dan Penataan. Dengan ditambahkannya banyak fitur yang berkaitan dengan foto dan film, kategori Pengaturan Kamera yang sebelumnya hanya ada satu, kini dibagi menjadi 1 dan 2. Pengaturan Kamera 1 umumnya terdiri dari item menu gambar tak bergerak, sedangkan Pengaturan Kamera 2 terdiri dari item film dan item menu komprehensif. Dengan lebih banyak fungsi yang ditambahkan, jumlah menu bertambah, dan penataan menu dasar yang baru, sistem menu secara keseluruhan terlihat lebih kompleks. Didesain agar pengguna dapat membuat item menu sesuai keinginan mereka sehingga mudah digunakan, Menu Saya telah ditambahkan dan diubah sedemikian rupa.

Aksesori utama

Kompatibilitas aksesori tidak kalah pentingnya dengan kinerja kamera. Flash HVL-F45RM sudah tersedia untuk memberikan sinkronisasi frekuensi nirkabel yang cocok dengan kinerja dan keseimbangan eksterior a9. Selain itu, grip baterai VG-C3EM membuat pengguna dapat menggunakan dua baterai untuk operasi kamera. Terlebih lagi, Extension Grip GP-X1EM, yang jauh lebih kecil dari tempat baterai, meningkatkan kemampuan pegangan dengan baik dan lebih nyaman untuk pengguna yang bertangan besar. Extension Grip tersebut juga kompatibel dengan a7R II, a7 II, dan a7S II.

Gambar Sampel

Kritik

Setelah selama ini berfokus pada pasar kamera mirrorless full-frame 35mm yaitu seri a7, Sony telah meluncurkan a9 sebagai kamera yang ada di barisan kamera mirorrless terbaik.

Seri a7 lama termasuk a7R yang dioptimalkan untuk resolusi tinggi, lini a7S yang punya kemampuan merekam video dengan sensitivitas tinggi, dan a7 yang secara umum cukup bagus untuk digunakan pengguna biasa. Berbeda dengan itu, a9 adalah kamera mirrorless kinerja tinggi yang jauh berbeda dengan a7 dan hadir dengan kinerja luar biasa yang cocok untuk media berita dengan kinerja AF dan kecepatan proses pengambilan gambar secara terus-menerus yang baik.

Semua ini berkat sensor gambar full-frame 35mm 24.2 megapiksel yang terpasang pada a9. Selain itu, kamera ini mengadopsi pemrosesan data yang lebih cepat dengan sensornya, yang menerapkan memori DRAM sekaligus memisahkan piksel dan lapisan sirkuit. Terlebih lagi, prosesor BIONZ X dan chipset Front-End LSI memberikan kecepatan pemrosesan data yang tinggi pada operasi perangkat dan penyimpanan gambar, sehingga pengguna dapat menggunakan kamera dengan lebih nyaman.

Dilengkapi dengan sistem AF Fast Hybrid dengan 693 titik AF sistem deteksi fasa dan 25 titik AF sistem deteksi kontras yang mencakup 93% area gambar, yang mengaktifkan pelacakan AF/AE maksimal 60 kali per detik, a9 memberikan kinerja berkualitas tinggi dalam melacak subjek untuk seluruh area gambar. Berhubung pelacakan AF bekerja di pemotretan kontinu 20 fps di mode AF-C, kamera ini sempurna untuk kegiatan seperti pemotretan olahraga yang memanfaatkan kecepatan respons AF dan pemotretan kontinu. Selain itu juga dilengkapi dengan kinerja AF di cahaya gelap di level EV-3, kamera ini melakukan fokus secara akurat di lingkungan yang gelap

Bagi fotografer, pemotretan yang stabil adalah hal yang sangat penting. Dalam hal ini, rana elektronik pada a9, yang membuat pemotretan menjadi bebas noise dan bebas getaran, memberikan keuntungan besar saat memotret di tempat sepi, dan SteadyShot 5-axis membuat pemotretan menjadi stabil di segala kondisi. Kamera ini menggunakan magnesium sebagai material utama, sehingga daya tahannya sangat kuat, serta sebagian besar komponen didesain supaya anti-debu dan anti-lembap dengan dipasang segel.

Dengan tambahan roda dial mode fokus dan drive serta Multi-selektor di bagian belakang, antarmuka kamera ini memungkinkan untuk mengubah AF dengan lebih cepat saat operasi. Multi-selektor membuat pengguna dapat leluasa mengubah titik saat fokus bergerak. Selain itu, panel sentuh untuk layar LCD membuat pengguna dapat memindahkan fokus dengan menyentuh layar. Layar sentuh juga digunakan untuk pemotretan aktual sehingga pengaturan fokus yang cepat dan intuitif dapat dilakukan.

Dalam hal kinerja perekaman video, kamera ini dapat merekam video resolusi tinggi 4K di format Super 35mm, bahkan mendukung perekaman video kecepatan tinggi 120 fps di perekaman Full-Ha. Perekaman aktual memberikan kualitas gambar yang tinggi karena perekaman video di format Super 35mm menggunakan pembacaan pixel penuh alih-alih lompatan baris, serta sampling kecepatan yang sama ketimbang Pixel Binning. Selain itu, S&Q Motion, yang dapat membuat rekaman dengan gerakan lambat atau cepat, memungkinkan semua orang untuk menikmati perekaman video gerakan lambat/cepat. Satu kekurangannya adalah tidak adanya Profil Gambar.

Jendela bidik kamera ini adalah 1.3cm(0.5”) Quad-VGA OLED Tru-Finder dengan 3.69 megapiksel, yang dapat mengatur frame rate ke 120 fps, menghasilkan gambar yang jernih. Tampil dengan LCD miring 3.0” dengan panel sentuh, yang menghasilkan gambar kualitas tinggi dan sudut tampilan yang beragam.

a9 adalah kamera mirrorless pertama yang dilengkapi dengan terminal LAN, yang dapat memindahkan gambar diam dari kamera ke luar melalui transfer FTP, fitur ini dirancang untuk jurnalis dan profesional lainnya. Wi-Fi/NFC dapat digunakan untuk mengambil gambar secara nirkabel dari jarak jauh dan membagikan foto dengan sekali sentuh, sedangkan koneksi Bluetooth dengan smartphone berfungsi untuk mendapatkan data GPS dan merekamnya di gambar diam.

Kamera ini menggunakan baterai baru bernama NP-FZ100. Perusahaan menjelaskan daya tahan baterai sekitar 480 gambar diam (jendela bidik) atau sekitar 650 gambar (LCD) oleh CIPA. Pada kinerja pengambilan gambar aktual, baterai kamera menunjukkan daya tahan yang bagus yaitu dapat memotret sekitar 1.400 gambar diam, tidak termasuk pengambilan gambar kontinu. Baterai dapat diisi dengan pengisian daya USB dan sumber listrik eksternal, dan dilengkapi dengan kit adaptor multi baterai NPA-MQZiK yang baru saja rilis, dapat digunakan untuk pengambilan gambar dalam waktu lama seperti time lapse atau merekam video, kinerja baterai a9 sangat hebat.

Secara keseluruhan, a9 adalah kamera mirrorless unggulan dari Sony yang memberikan kinerja luar biasa pada segala aspek seperti pelacakan AF yang mumpuni, kecepatan pengambilan gambar kontinu yang tinggi hingga 20 fps, kemampuan AG cahaya gelap, kecepatan proses data, jendela bidik elektronik tanpa blackout, pengurangan getaran, kemampuan merekam video, dan antarmuka yang nyaman.

a7 yang lama menggantikan banyak aspek dari kamera DSLR namun masih terasa sedikit lemah sebagai kamera acara olahraga yang mengedepankan kinerja AF dan pengambilan gambar kontinu. Sebaliknya, a9 tidak hanya unggul sebagai kamera mirrorless tapi juga menyaingi kamera DSLR kelas atas pada berbagai aspek. Oleh karena itu, saya percaya bahwa kamera mirrorless a9 akan sangat sempurna digunakan untuk acara olahraga, pertunjukan publik, pernikahan, dan acara publik lainnya.